Rabu, 16 Januari 2013

Fungsi Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Letakan Script Iklan PPC Disini Jika Ingin di Samping Postingan




Agar kita dapat melakukan aktivitas melalui Internet, komputer harus terhubung dengan Internet melalui layanan khusus yang disebut Internet Service Provider (ISP). Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk dapat terhubung dengan Internet, beberapa di antaranya adalah menggunakan gelombang radio,saluran TV kabel, jaringan telepon, atau telepon genggam (handphone). Akan tetapi media yang paling umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPP/Point-to-Point Protocol).
PPP adalah sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke Internet melalui saluran telepon dan modem.

1.Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer)
Perangkat keras yang paling utama digunakan untuk koneksi internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung akses internet, yaitu komputer dengan processor pentium 133 Mhz, RAM berkecepatan 32 MB dan harddisk 5 GB.
2.Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet, khususnya melalui saluran telepon. Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.
Terdapat 2 jenis modem, yaitu modem internal dan modem ekternal.
a.Modem internal:merupakan modem yang tergabung pada bagian komputer.Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot pada CPU.

b.Modem Ekstern aladalah Modem yang terpisah dari perangkat komputer,untuk menggunakannya modem harus dihubungkan dengan kabel ke komputer.
3.NIC
NIC (Network Interface Card) biasa juga disebut Lancard atau cardlan adalah perangkat yang nantinya menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya.
4.Media Tranmisi
a.Twisted Pair
Kabel ini biasa disebut dengan UTP( Unshield Twisted Pair ) / 10BaseT. merupakan kabel yang digunakan untuk menghubungkan internet dalam satu jaringan.
b. Coaxial
Kabel Koaksial memiliki perlindungan yang lebih baik dibanding dengan twisted pair, sehingga kabel tersebut bisa digunakan untuk jarak yang lebih jauh pada kecepatan tinggi. Konstruksi dan lapisan pelindung kabel koaksial memberikan kombinasi yang baik antara bandwidth yang besar dan imunitas noise yang istimewa.
c. Konektor RJ 45
Digunakan sebagai penghubung kabel UTP.
d. Konektor RJ 11Digunakan sebagai penghubung modem ke komputer dengan jaringan telepon.
5.HUB
Hub adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik (dalam hal ini komputer yang sudah memasang NIC) bergabung menjadi satu jaringan. Pada jaringan sederhana, salah satu port pada hub terhubung ke komputer server. Bisa juga hub tak langsung terhubung ke server tetapi juga ke hub lain, ini terutama terjadi pada jaringan yang cukup besar. Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain.
6. Bridge & Switch
Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama.
7.Router
Bekerja dengan cara yang mirip dengan switch. untuk mudah diingat, Anda menggunakan router ketika akan menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain. Jaringan ini bisa berupa jaringan pribadi (LAN/WAN) atau jaringan publik (Internet).
8.Repeater
Merupakan alat yang digunakan untuk menambah jarak maksimum tiap LAN.
9.Saluran Telepon
Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui perangkat modem. Kamu dapat langsung melakukan akses internet menggunakan modem dial-up dan saluran telepon, misalnya Telkomnet instan.


Letakan Script Iklan Disini Jika Ingin Iklan Berada di Bawah Postingan

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Copyright © Bm Fhreaksz Chomanszdierz Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger